Pages

Rabu, 06 Februari 2013

Jenis-jenis Tumbukan dalam Fisika


Pada masing-masing tumbukan antara dua benda atau lebih, hukum kekekalan momentum selalu berlaku selama tidak ada gaya dari luar yang bekerja pada sistem. Namun, biasanya, energi kinetik sistem sebelum dan setelah tumbukan terjadi tidak sama. Hal ini berarti hukum kekekalan energi kinetik tidak berlaku pada peristiwa tumbukan. Energi kinetik ini sebagian diubah menjadi bunyi dan panas. Tumbukan seperti ini, di mana total energi kinetik sistem tidak kekal disebut tumbukan tak lenting atau tumbukan tak elastis. Sebenarnya, secara umum dalam tumbukan tak elastis, yang tidak kekal adalah total energi mekanik. Di awal hanya disebutkan energi kinetik saja yang tidak kekal dikarenakan tumbukan terjadi pada suatu bidang dengan permukaan datar, sehingga energi potensial sistem tidak terpengaruh oleh adanya tumbukan.

Sebaliknya, bila dalam tumbukan ternyata energi mekanik sistem kekal, maka tumbukan seperti ini disebut dengan tumbukan lenting atau tumbukan elastis, atau disebut juga elastis sempurna. Jadi, pada tumbukan elastis, berlaku 2 hukum kekekalan, yaitu hukum kekekalan momentum dan hukum kekekalan energi mekanik.

Pada kenyataannya, hanya sedikit saja tumbukan yang terjadi di alam ini yang sifatnya elastis sempurna. Contoh tumbukan yang bersifat elastiss sempurna adalah tumbukan elektron dengan atom gas (tidak semuanya elastis), tumbukan antara molekul-molekul gas di dalam ruang, dan tumbukan antara dua buah bola biliar dikatakan hampir elastis.

Terpadu Fisika SMA untuk kelas XI Semester 2 halaman 13-14 Penerbit Erlangga

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar